Latest News

Monday, May 13, 2013

Asia Tengah Negara-negara Bentuk dan Sistem Pemerintahan

Asia Tengah negara-negara bentuk dan sistem pemerintahan ini mengetengahkan negara-negara seperti Kazakhstan, Kyrgyzstan, Rusia, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan.


Kazakhstan



www.freeusandworldmaps.com



  • Nama resmiRepublic of Kazakhstan ---- [Qazaqstan Respublikasy]
  • IbukotaAstana ---- 
  • Luas wilayah (km2): 2.724.900 ---- Populasinya per tahun 2005 sekitar 15.074.200 orang. Bahasa resminya adalah Kazakh dan Rusia yang juga banyak digunakan. Agama yang dianut penduduknya adalah Islam (96%), Protestan (5,6%), Ortodoks Rusia (4%), Katolik (0,4%), lainnya (0,4%), serta mayoritas 80% penduduknya tidak punya afiliasi agama. Komposit etnisnya terdiri atas Kazakh (57,2%), Rusia (27,2%), lainnya yang terdiri atas Ukraina, Uzbek, Jerman, Tatar, dan Uigur (15,6%).    
  • Jenis kekuasaan: Republik ---- Badan pemerintahannya trias politika, di mana terdapat pemisahan tegas antara kuasa legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Namun, peran presiden cukup kuasa di negara ini.
  • Bentuk negara: Kesatuan ---- Kazakhstan terdiri atas 14 oblys (propinsi) dan 3 qala (kota). Ke-14 oblys adalah: Almaty Oblysy, Aqmola Oblysy (a.k.a. Astana), Aqtobe Oblysy, Atyrau Oblysy, Batys Qazaqstan Oblysy [West Kazakhstan] (a.k.a. Oral), Mangghystau Oblysy (a.k.a. Aqtau), Ongtustik Qazaqstan Oblysy [South Kazakhstan] (a.k.a. Shymkent), Pavlodar Oblysy, Qaraghandy Oblysy, Qostanay Oblysy, Qyzylorda Oblysy, Shyghys Qazaqstan Oblysy [East Kazakhstan] (a.k.a. Oskemen), Soltustik Qazaqstan Oblysy [North Kazakhstan] (a.k.a. Petropavlovsk), dan Zhambyl Oblysy (a.k.a. Taraz). Sementara itu, ke-3 qala adalah: Almaty Qalasy, Astana Qalasy, dan Bayqongyr Qalasy (a.k.a. Baykonur).
  • Sistem pemerintahan: Presidensil ----Presiden adalah kepala negara. Ia berposisi bertindak selaku pejabat tertinggi dalam mengarahkan kebijakan dalam dan luar negeri. Presiden-lah yang memastikan terkoordinasikannya aneka fungsi dari cabang-cabang pemerintahan (legislatif, eksekutif, dan yudikatif). Presiden mengangkat dan memberhentikan perdana menteri selaku kepala administrasi eksekutif, menteri-menteri, hakim (kecuali hakim Mahkamah Agung), 7 orang anggota Senat, dan kepala-kepala pemerintahan oblast dan pemerintahan lokal lainnya. Masa jabatan presiden adalah 7 tahun dan tidak bisa lebih dari dua kali.
  • Parlemen: Bikameral (Majilis Senate) ---- Parlemen Kazakhstan terdiri atas 2 kamar yaitu Majilis dan Senat. Secara umum, parlemen berwenang memberi penghargaan nasional, kebijakan gaji, kemiliteran, mengangkat pejabat tinggi dan diplomat, dan menentukan simbol-simbol negara. Termasuk pula kewenangan parlemen adalah hutang luar negeri, ratifikasi perjanjian internasional, dan memberi persetujuan atas pejabat tinggi yang dicalonkan presiden. Parlemen terdiri atas dua kamar yaitu Majilis dan Senat. Senat adalah majelis tinggi. Masa tugasnya 5 tahun. Anggotanya diambil dari oblast  dan tiga wilayah khusus lainnya masing-masing sebanyak 2 orang. Anggota Senat juga ditambah 7 orang yang ditunjuk oleh presiden. Majilis adalah majelis rendah parlemen, yang terdiri atas 77 orang anggota yang dipilih oleh warganegara. Masa tugasnya 6 tahun. 
  • Menurut data per April 2013 -- Presiden: Nursultan Nazarbayev; Perdana Menteri: Serik Akhmetov; Deputi Utama PM: Bakytzan Sagintayev; Deputi I PM: Aset Isekeshev; Deputi II PM: Kairat Kelimbetov; Deputi III PM: Kairat Kelimbetov; Deputi IV PM: Yerbol Orynbayev.



Kyrgyzstan


www.freeusandworldmaps.com


  • Nama resmiKyrgyz Republic ---- [Kyrgyz Respublikasy]
  • IbukotaBishkek ---- 
  • Luas wilayah (km2): 198.500 ---- Populasi negara ini per 2004 adalah 5.081.429 jiwa. Bahasa yang dipergunakan adalah Kyrgyz dan Rusia, keduanya bahasa resmi. Agama yang dianut penduduknya adalah Islam 75%, Ortodoks Rusia 20%, dan lainnya 5%. Komposit etnis terdiri atas Kyrgyz 64,9%, Uzbek 13,8%, Rusia 12,5%, Dungan 1,1%, Ukraina 1%, Ungur 1%, lainnya 5,7%. 
  • Jenis kekuasaan: Republik (Otoritarian) ---- Berdasarkan konstitusi, sistem pemerintahan Kyrgyzstan didominasi oelh presiden. Presiden yang mengendalikan eksekutif, legislatif dan yudikatif. 
  • Bentuk negara: Kesatuan (Sentralis) ---- Kyrzgyzstan terdiri atas 7 propinsi yang disebut oblasttar ditambah 2 koa yaitu Bishkek dan Osh. Tiap oblasttar diperintah oleh akims (gubernur) yang diangkat dan diberhentikan oleh presiden sesuai rekomendasi perdana menteri dan setelah disetujui oleh dewan rakyat lokal yang disebut kenesh. Berbeda dengan akim untuk oblasttar, para akim untuk kabupaten dan desa dipilih secara langsung. Ke-7 oblasttar adalah: Batken Oblasty, Chuy Oblasty (a.k.a. Bishkek), Jalal-Abad Oblasty, Naryn Oblasty, Osh Oblasty, Talas Oblasty, dan Ysyk-Kol Oblasty (a.k.a. Karakol). Sementara satu shaar adalah Bishkek Shaary.
  • Sistem pemerintahan: Presiden-Parlementer ---- Presiden adalah kepala negara. Ia merupakan pejabat tertinggi Kyrgyzstan. Presiden berwenang menentukan arahan mendasar kebijakan negara keluar dan kedalam. Juga, ia berwenang mengadopsi aneka cara untuk melindungi kedaulatan teritorial republik serta memastikan kesatuan dan kelestarian negara. Presiden menjabat selama 5 tahun dan hanya bisa dipilih kembali 1 kali. Dalam menjalankan administrasi negara, duduk perdana menteri, para menteri, dan komite-komite negara. Perdana menteri dan para menteri diangkat oleh presiden dengan persetujuan Jogorku Kenesh (parlemen Kyrgyz). Parlemen bisa membekukan kabinet lewat mosi tidak percaya. 
  • Parlemen: Bikameral (Jogorku Kenesh) ---- Parlemen terdiri atas 75 anggota. Pemilihannya tiap 5 tahun. Tugasnya: mempromosikan amandemen dan suplemen konstitusi, mengadopsi UU, dan memberi persetujuan budget negara. 
  • Menurut data per April 2013 -- Presiden: Almazbek Atambaev; Perdana Menteri: Jantoro Satybaldiev; Deputi Utama PM: Joomart Otorbaev; Deputi I PM: 



Russia



www.freeusandworldmaps.com



  • Nama resmi: The Russia Federation (or, Russia) [Rossiyskaya Federatsiya]
  • Bekas Uni Sovyet
  • Ibukota: Moskow
  • Bahasa resmi: 
  • Luas wilayah (km2): 17.075.200
  • Penduduk: 
  • Etnis: 
  • Agama: 
  • Jenis kekuasaan: Republik
  • Bentuk negara: Federasi. Rusia terdiri atas 46 oblast (propinsi), 21 respublika (republik), 4 avtonomnyy okrug (okrug otonom), 9 kray, 2 gorod (kota federal), dan 1 avtonomnaya oblast' (oblast otonom). Oblast Rusia terdiri atas Amur (a.k.a. Blagoveshchensk), Arkhangel'sk, Astrakhan', Belgorod, Bryansk, Chelyabinsk, Irkutsk, Ivanovo, Kaliningrad, Kaluga, Kemerovo, Kirov, Kostroma, Kurgan, Kursk, Leningrad, Lipetsk, Magadan, Moscow, Murmansk, Nizhniy Novgorod, Novgorod, Novosibirsk, Omsk, Orenburg, Orel, Penza, Pskov, Rostov, Ryazan', Sakhalin (a.k.a. Yuzhno-Sakhalinsk), Samara, Saratov, Smolensk, Sverdlovsk (a.k.a. Yekaterinburg), Tambov, Tomsk, Tula, Tver', Tyumen', Ul'yanovsk, Vladimir, Volgograd, Vologda, Voronezh, dan Yaroslavl'. Respublika Rusia terdiri atas: Adygeya (a.k.a. Maykop), Altay (a.k.a. Gorno-Altaysk), Bashkortostan (a.k.a. Ufa), Buryatiya (a.k.a. Ulan-Ude), Chechnya (a.k.a. Groznyy), Chuvashiya (a.k.a. Cheboksary), Dagestan (a.k.a. Makhachkala), Ingushetiya (a.k.a. Magas), Kabardino-Balkariya (a.k.a. Nal'chik), Kalmykiya (a.k.a. Elista), Karachayevo-Cherkesiya (a.k.a. Cherkessk), Kareliya (a.k.a. Petrozavodsk), Khakasiya (a.k.a. Abakan), Komi (a.k.a. Syktyvkar), Mariy-El (a.k.a. Yoshkar-Ola), Mordoviya (a.k.a. Saransk), North Ossetia (a.k.a. Vladikavkaz), Sakha [Yakutiya] (a.k.a. Yakutsk), Tatarstan (a.k.a. Kazan'), Tyva (a.k.a. Kyzyl), dan Udmurtiya (a.k.a. Izhevsk). Kray Rusia terdiri atas: Altay (a.k.a. Barnaul), Kamchatka (a.k.a. Petropavlovsk-Kamchatskiy), Khabarovsk, Krasnodar, Krasnoyarsk, Perm', Primorskiy [Maritime] (a.k.a.  Vladivostok), Stavropol', dan Zabaykal'sk (a.k.a. Chita). Avtonomnyy Okrug terdiri atas: Chukotka (a.k.a. Anadyr'), Khanty-Mansi (a.k.a. Khanty-Mansiysk), Nenets (a.k.a. Nar'yan-Mar), dan Yamalo-Nenets (a.k.a. Salekhard). Gorod terdiri atas: Moscow (a.k.a. Moskva) dan Saint Petersburg (a.k.a. Sankt-Peterburg). Avtonomnaya Oblast' terdiri atas Yevrey (bahasa Yahudi, atau Birobidzhan).
  • Sistem pemerintahan: Semi-Presidensil
  • Parlemen: Bikameral (Council of the Federation + Duma)



Tajikistan


The World Factbook


  • Nama resmiRepublic of Tajikistan ---- [Jumhurii Tojikiston]
  • Bekas Uni Sovyet
  • IbukotaDushanbe ---- 
  • Luas wilayah (km2): 143.100  ---- Populasinya per 2004 adalah 7.011.556 jiwa. Bahasa yang digunakan adalah Tajik selaku bahasa resmi dan Rusia selaku bahasa internasional. Agama yang dianut penduduknya adalah Islam (sunni) 85%, Islam (syiah) 5%, dan lainnya 10%. Komposit etnis terdiri atas Tajik (termasuk Ismaili Pomiri) 64,9%, Uzbek 25%, Rusia 3,5%, dan lainnya 6,6%. 
  • Jenis kekuasaan: Republik (otoritarian) ----Negara ini dipimpin oleh presiden yang otokratik. Ia punya kontrol kuat atas eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Wewenangnya mengangkat dan memberhentikan eksekutif, hakim, dan anggota Majlisi Milli.
  • Bentuk negara: Kesatuan + Elemen Federasi ---- Tajikistan terdiri atas 5 propinsi yang disebut viloyatlar (termasuk ke dalamnya kota Dushanbe dan Propinsi Otonom Pegunungan Badakhshan. Setiap propinsi dipimpin oleh hukumat yaitu kepala administrasi propinsi. Ia diangkat dan diberhentikan oleh presiden atas persetujuan parlemen lokal yang relevan (sesuai wilayah). Hukumat mewakili presiden dan bertanggung jawab kepada presiden.
  • Sistem pemerintahan: Presidensil ---- Presiden adalah kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Tugasnya mengawal konstitusi, UU, dan hak-hak warganegara. Selain itu, ia juga berwenang menjamin persatuan, kemerdekaan, integritas wilayah, stabilitas, dan kelestarian negara. Presiden dipilih untuk masa bakti 7 tahun dan dapat kembali dipilih sebanyak 2 kali. Presiden juga berwenang mengangkat dan memberhentikan perdana menteri (juga menteri lainnya) dengan persetujuan Dewan Nasional (yang disebut Majlisi Oli ) dan Mahkamah Konstitusi.
  • Parlemen:  Bikameral (Majlisi Namoyondagon/Dewan Nasional + Majlisi Milli/Dewan Perwakilan) ---- Majlisi Oli (MO) atau Dewan Agung adalah badan perwakilan utama di Tajikistan dengan masa bakti 5 tahun. Ia terdiri atas 2 kamar yaitu Majlisi Namoyondagon (MN) atau Dewan Nasional sebagai majelis rendah dan Majlisi Milli (majelis tinggi). MN terdiri atas 63 anggota dalam mana 41 dipilih langsung dan 22 lainnya ditunjuk oleh partai dengan asas proporsionalitas perwakilan. MN bersifat permanen. Di sisi lain, MM terdiri atas 33 anggota, di mana 8 diangkat langsung oleh presiden dan 25 sisanya dipilih secara tidak langsung oleh dewan propinsi. MN punya hak prerogatif dalam hal inisiatif legislatif. MM di lain pihak, berwenang menyetujui ataupun memveto inisiatif MN. MN juga kuasa mengisi jabatan dalam pemerintahan. 



Turkmenistan



The World Factbook



  • Nama resmiTurkmenistan ---- Turkmenistan
  • Bekasi Uni Sovyet
  • IbukotaAshgabat ---- 
  • Luas wilayah (km2): 488.100  ---- Populasi negara ini per tahun 2004 adalah 6.408.600 jiwa. Bahasa yang digunakan Turkmen (72%), Rusia (12%), Uzbek (9%), dan lainnya (7%). Agama penduduknya Islam (89%), Ortodoks Timur (9%), dan lainnya (2%). Komposit etnis terdiri atas Turkmen (85%), Uzbek 5%, Rusia 4%, dan lainnya 6%. 
  • Jenis kekuasaan: Republik ---- 
  • Bentuk negara: Kesatuan ----Turkmenistan terdiri atas 5 propinsi (disebut welayat ) dan 65 distrik (disebut etrap ). Gubernur propinsi, distrik, kota, dan desa ditunjuk oleh presiden untuk masa jabatan 5 tahun. Uniknya, pemerintahan lokal di kota-kota kecil dan pemukiman punya badan pemerintahan sendiri yang disebut gengesh. Ke-5 welayat adalah: Ahal Welayaty (a.k.a. Anew), Balkan Welayaty (a.k.a. Balkanabat), Dashoguz Welayaty, Lebap Welayaty (a.k.a. Turkmenabat), dan Mary Welayaty. Sementara 1 kota (ibukota) adalah Ashgabat.
  • Sistem pemerintahan: Presidensil ----Terdapat 4 badan politik tingkat tinggi di Turkmenistan yaitu eksekutif, legislatif, yudikatif, dan Dewan Nasional yang disebut Halk Maslahaty. Dewan Nasional ini lebih tinggi kekuasannya ketimbang tiga lainnya. Presiden adalah kepala negara dan kepala pemerintahan. Tugasnya menjalankan konsitusi dan UU, menjalankan politik luar negeri, mengangkat anggota kabinet, dan komandan angkatan perang Turkmenistan. Presiden dipilih secara langsung dengan tanpa pembatasan periode serta bermasa bakti 5 tahun. Dalam menjalankan kuasa eksekutif, presiden membentuk kabinet. Tugasnya mengawasi pelaksanaan UU, dekrit presiden, dan keputusan Halk Maslahaty.
  • Parlemen: Bikameral (Halk Maslahaty/Dewan Nasional + Parlemen/Mejlis) ---- Halk Maslahaty adalah perwakilan tertinggi rakyat Turkmenistan. Anggotanya terdiri atas 2507 orang, termasuk ke dalamnya presiden, anggota parlemen, ketua Mahkamah Agung, jaksa agung, anggota kabinet, gubernur dan kepala pemerintahan seluruh propinsi (termasuk distrik, kota, dan kecamatan), perwakilan organisasi publik dan pemerintahan, serta 64 orang deputi Halk Maslahaty yang dipilih. Ia berwenang mengadopsi dan mengamandir konstitusi dan UU, mengadakan referendum, dan menjadualkan pemilihan presiden dan parlemen. Di sisi lain, terdapat pula parlemen yang disebut Mejlis. Ia merupakan badan legislatif resmi Turkmenistan. Anggota ada 50 orang yang dipilih untuk masa tugas 5 tahun. Parlemen dapat bubar akibat dibubarkan oleh Halk Maslahaty, lewat referendum, atas inisiatifnya sendiri, ataupun oleh presiden jikalau Mejlis dianggap gagal melakukan mandatnya selaku badan pemerintahan. 


Uzbekistan




www.freeusandworldmaps.com


  • Nama resmiRepublic of Uzbekistan ---- Ozbekiston Respublikasi
  • Bekas Uni Sovyet
  • Bahasa resmi: Uzbek [74,3%]; Rusia [14,2%]; Kazakh [3%]; Karakalpak [2,5%]; Tatar [1,5%]; lainnya [2,5%].
  • IbukotaTashkent ---- 
  • Luas wilayah (km2): 447.400 ---- Jumlah penduduk tahun 2005 adalah 26.410.416 jiwa. Bahasa yang dipergunakan Uzbek (74,3%), Rusia (14,2%), Tajik (4,4%), dan lainnya (7,1%). Agama yang dianut adalah Islam (sunni, 88%), Ortodoks Timur (9%), dan lainnya 3%. Komposit etnis terdiri atas Uzbek (77%), Rusia (5%), Tajik (5%), Kazakh (5%), Karakalpak (1%), Tatar (1,5%), dan lainnya 5,5%. 
  • Populasi: 28.661.637 [taksiran per Juli 2013]
  • Etnis: Uzbek [80%]; Russian [5.5%]; Tajik [5%]; Kazakh [3%]; Karakalpak [2.5%]; Tatar [1.5%]; lainnya [2.5%]
  • Agama: Islam [88% mazhab Sunni]; Ortodoks Timur [9%]; lainnya [3%]
  • Jenis kekuasaan: Republik (otoritarian) ---- 
  • Bentuk negara: Kesatuan + Elemen Federasi ----Konstitusi Uzbekistan tidak menegaskan apakah negara termasuk federasi ataukah kesatuan (sentralistik). Sebaliknya, negara ini terdiri atas 12 propinsi  (disebut viloyatlar), 1 kota (disebut Shahar) Tashkent, dan 1 buah republik (respublika) Republik Karakalpakstan. Ke-12 propinsi dan kota Tashkent adalah subyek dari konstitusi Uzbek. Republik Karakalpakstan punya konstitusi sendiri. Kendati punya sendiri, konstitusi Republik Karakalpakstan harus selaras dengan konstitusi Uzbek. Ke-12 propinsi diperintah oleh khokim yang diangkat dan diberhentikan oleh presiden. Ke-12 viloyatlar , shahrar, dan 1 respublika tersebut adalah: Andijon Viloyati, Buxoro Viloyati, Farg'ona Viloyati, Jizzax Viloyati, Namangan Viloyati, Navoiy Viloyati, Qashqadaryo Viloyati, Qoraqalpog'iston Respublikasi (Republik Karakalpakstan, Samarqand Viloyati, Sirdaryo Viloyati, Surxondaryo Viloyati, Toshkent Shahri (Kota Tashkent), Toshkent Viloyati (Provinsi Tashkent), dan Xorazm Viloyati.
  • Sistem pemerintahan: Presidensil ---- Presiden adalah lembaga politik dominan di Uzbekistan. Ia mengendalikan eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Presiden adalah kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Ia berwenang mengangkat perdana menteri, jaksa, hakim, khokim . Presiden dipilih secara langsung untuk masa tugas 7 tahun dan hanya bisa dipilih satu kali lagi. Administrasi negara dijalankan kabinet kementerian. Kabinet dibentuk oleh presiden, terdiri atas perdana menteri, deputi perdana menteri, dan ketua komite-komite negara. Termasuk ke dalamnya perwakilan dari Republik Karakalpakstan. Kementerian bertindak atas nama presiden.
  • Parlemen: Bikameral (Kamar Legislatif + Senate) ---- Parlemen Uzbekistan disebut Oliy Majlis. Ia terdiri atas dua kamar yaitu Kamar Legislatif dan Senat. Masa bakti Oliy Majlis 5 tahun. Anggota Kamar Legislatif terdiri atas 120 orang yang dipilih dalam sistem multipartai. Sementara itu, Senat anggotanya berasal dari Republik Karakalpakstan, ke-12 propinsi, dan kota Tashkent. Anggota Senat dipilih oleh Jokarghy Kenes (parlemen) Republik Karakalpakstan dan kengashes (parlemen kota, distrik, dan regional). Presiden berwenang mengangkat 16 anggota Senat atas pilihannya.

Untuk keterangan mengenai jenis kekuasaan, bentuk negara, sistem pemerintahan, dan parlemen silakan lihat di artikel ini.


Lihat juga:
Pengertian Jenis Kekuasaan Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan

Negara Eropa Timur Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan
Negara Eropa Utara Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan
Negara Eropa Barat Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan
Negara Eropa Selatan Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan
Negara Asia Selatan Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan
Negara Asia Tengah Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan
Negara Amerika Utara Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan
Negara Afrika Tengah Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan
Negara Afrika Utara Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan
Negara-negara Kawasan Amerika Tengah Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan Mereka
Negara-negara Kawasan Amerika Latin Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan Mereka
Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan Negara-negara Timur Tengah
Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan Negara-negara Kawasan ASEAN

---------------------------------
Referensi

  1. Gerhard Robbers, Encyclopedia of World Constitutions (New York: Facts on File Inc., 2007).
  2. Matthew Sögard Shugart, “Comparative Executive-Legislative Relations” dalam R.A.W. Rhodes, Sarah A. Binder, and Bert Rockman, eds., The Oxford Handbooks of Political Institutions (New York: Oxford University Press, 2006)
  3. World Fact Book, CIA, 2012
tags:
bentuk negara sistem pemerintahan Kazakhstan Kyrgyzstan Rusia Tajikistan Turkmenistan Uzbekistan

No comments:

Post a Comment