Latest News

Friday, February 13, 2009

Software Prima tapi Gratis

Berita gembira buat dunia pendidikan. Saat ini sudah bisa kita download Sistem Informasi Manajemen untuk tingkat perguruan tinggi. Namanya sisfokampus. Saya sudah download versi yang terbaru dan sangat berguna untuk pengelolaan administrasi di STIA Sandikta Kota Bekasi.


Berikut saya informasikan tulisan dari para dermawan ilmu yang membuat sisfokampus : Untuk mendownload Sisfo Kampus 2006 (versi 3 Semarang) silakan kunjungi halaman download atau langsung ke link: Sisfo Kampus 2006. Walau pun Sisfo Kampus 2006 baru dirilis, tetapi sebenarnya versi 3 ini telah beredar dan telah digunakan di beberapa perguruan tinggi. Ini dilakukan oleh Tim Sisfo Kampus selain sebagai pilot project juga untuk tahap alpha dan beta terbatas. Dan ketika tahap alpha dan beta dianggap telah layak, maka versi ini dirilis ke masyarakat. Potret Indonesia

Seperti biasa, Sisfo Kampus tetap menggunakan lisensi GNU/GPL (info lebih lanjut kunjungi: www.gnu.org). Artinya kita dapat mengunduh (download), menggunakan, mendistribusikan dan mengembangkan dengan bebas sesuai dengan kaidah GNU/GPL. Banyak pemerhati Sisfo Kampus bertanya: "Dari mana proyek open source Sisfo Kampus ini mendapat penghasilan?" Jawaban yang sederhana adalah bahwa: "kami menjual jasa/layanan." Yap, kami mendapat penghasilan dari menjual jasa-jasa berikut ini:

Partial Solution
Yaitu layanan tidak lengkap atas Sisfo Kampus. Bentuknya dapat berupa: pelatihan, konsultansi, dukungan teknis terhadap software Sisfo Kampus. Paket layanan ini cocok diambil oleh perguruan tinggi yang peka terhadap biaya implementasi piranti lunak manajemen perguruan tinggi. Tidak hanya institusi pendidikan, beberapa perusahaan non pendidikan pun telah memanfaatkan layanan Partial Solution ini terutama vendor atau pun konsultan software yang bertindak sebagai implementor Sisfo Kampus independen.

Total Solution
Yaitu layanan lengkap atas implementasi Sisfo Kampus di institusi pendidikan. Selain memberikan jasa kustomisasi, pengembangan, konsultansi dan pelatihan terpadu bagi perguruan tinggi, Tim Sisfo Kampus juga memberikan dukungan teknis dan garansi/jaminan pemakaian Sisfo Kampus. Layanan ini sesuai bagi perguruan tinggi yang belum memiliki tim TIK (teknologi informasi dan komunikasi) yang solid. Layanan Total Solution menjadikan investasi sistem informasi manajemen perguruan tinggi menjadi mudah, efektif dan efisien karena lingkup kerja dialihkan kepada Tim Sisfo Kampus.

Global Solution
Yaitu layanan yang menyewakan server atau hosting bagi perguruan tinggi yang menggunakan Sisfo Kampus sebagai software pengelola perguruan tinggi. Perguruan tinggi tidak perlu berinvestasi hardware, software mau pun brainware yang sangat mahal itu. Perguruan tinggi cukup menyewa hardware, software dan administrator Sisfo Kampus. Perguruan tinggi dapat langsung menggunakan Sisfo Kampus tanpa dipusingkan investasi yang besar.

Knowledge Solution
Selain memberikan konsultansi baik untuk Sisfo Kampus mau pun di bidang TIK, kami juga memberikan layanan implementasi, pelatihan dan konsultansi untuk Kampus Maya (KAMYA) yang merupakan implementasi dari e-Learning. Perguruan tinggi dapat melengkapi metode belajar tradisional dengan metode belajar full elektronik. Dengan basis software open source moodle kami telah memberikan contoh implementasi dari Knowledge Solution di Kampus Bisnis.

Value Added Services
Selain layanan inti di atas, kami juga memberikan layanan yang dapat meningkatkan kemampuan Sisfo Kampus, yaitu misalnya dengan menambahkan fasilitas SMS (dengan SMS Gateway ke seluruh operator di Indonesia), mobile access, website, IT Consulting, dll. Silakan hubungi kami untuk kemungkinan-kemungkinan yang dikehendaki. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami di:
Emanuel Setio Dewo, ST, MM (0819-3250 9003)
Jonathan Sofian Lusa, SE (0812-2052090)
Lina Tri Astuti, SE, MM (0819-3250 9001)

No comments:

Post a Comment